Apa itu Copywriting?
Copywriting adalah:
- Seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif dan kuat. (Frank Jeffkins)
- Tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan dengan cara kerja keras melalui perencanaan dan kerjasama dengan klien, staf legal, account executive, peneliti, dan direktur seni. (Bovee)
Unsur-unsur Dasar Copywriting
Unsur AIDCA
- Attention (menarik perhatian)
- Interest (menciptakan minat)
- Desire (memunculkan hasrat)
- Conviction (memberi keyakinan)
- Action (melakukan aksi)
Rumus copywriting
- Kata bersifat menyegerakan
- Menarik perhatian
- Membangun image positif
- Efektif dan efisien
Penafsiran Copywriting
Perbedaan penafsiran iklan oleh target audience disebabkan oleh:
- Pengetahuan yang terbatas mengenai produk
- Latar belakang pendidikan, budaya, agama, paham politik dll
- Tingkat kebutuhan yang berbeda
- Tingkat apresiasi terhadap seni yang berbeda
- Penggunaan sudut pandang
- Waktu, media dan jam tayang iklan
Kreatifitas sebagai modal dasar :
- Setiap orang adalah kreatif
- Kreatifitas adalah bukan hal baru, namun inspirasi baru dari ide-ide lama.
- Lahirnya kreatifitas bergantung pada:
- Bagaimana seseorang mendidik dirinya sendiri
- Persepsi seseorang terhadap dunia.
- Kemampuan seseorang mencari pengalaman diri untuk menyusun gagasan.
- Pentingnya kemampuan mengatur waktu.
- Kemampuan memngingat dan mengkomunikasikan ide.
- Biasakan segera menulis segala yang tengah berkecamuk dikepala dan hati.
- Selalu ada waktu untuk membuat tulisan kreatif
Sifat-sifat yang mendukung karakteristik khusus orang kreatif :
- Curious : dorongan perasaan untuk mencari tahu.
- Agent of change : sebagai agen perubahan.
- Open mind : bersikap terbuka.
- Question and answer : selalu ingin bertanya dan menjawab jika ada pertanyaan
Gaya dan Jenis kata copywriting
- Eksploratif
- Mengulas dengan tajam hakikat produk dengan kata-kata yang akurat.
- Kata-kata yang digunakan tidak boleh barmakna ganda.
- Naratif
- Menguraikan produk dala bentuk cerita. Gaya bahasa dibuat semenarik mungkin.
- Pilihan katanya mengandung majinasi dan membuai dengan tetap mengedepankan kebenaran fakta.
- Argumentatif
- Naskah iklan bersifat mempengaruhi audience secara jelas dan nyata.
- Gaya dan jenis kata jelas menyerang kompetitor atau mengukuhkan kelebihan produknya sendiri agar target audience terpengaruh.
- Retoris
- Mengungkap kebenaran sejujurnya tanpa mengharap jawaban atau komentar.
- Sejak awal diproyeksikan agar tidak ada bantahan terhadapnya.
- Normatif
- Menginformasikan secara mendetail tentang produk.
- Sejumlah data yang mneunjang disampaikan komunikatif dan menghindari news style meski hakikatnya memang informasi juga
Lalu bagaimanakah iklan yang baik itu?
- Tidak membohongi masyarakat.
- Menggerakkan emosi positif.
- Meningkatkan keinginan masyarakat untuk mencoba produk.
- Tidak melanggar kode etik periklanan dan undang-undang perlindungan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar