Kamis, 08 November 2012

Copywriting

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah:
  • Seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif dan kuat. (Frank Jeffkins) 
  • Tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan dengan cara kerja keras melalui perencanaan dan kerjasama dengan klien, staf legal, account executive, peneliti, dan direktur seni. (Bovee)
Unsur-unsur Dasar Copywriting

Unsur AIDCA 
  • Attention (menarik perhatian) 
  • Interest (menciptakan minat) 
  • Desire (memunculkan hasrat) 
  • Conviction (memberi keyakinan) 
  • Action (melakukan aksi) 
Rumus copywriting 
  • Kata bersifat menyegerakan 
  • Menarik perhatian 
  • Membangun image positif 
  • Efektif dan efisien
Penafsiran Copywriting

Perbedaan penafsiran iklan oleh target audience disebabkan oleh: 
  • Pengetahuan yang terbatas mengenai produk
  • Latar belakang pendidikan, budaya, agama, paham politik dll
  • Tingkat kebutuhan yang berbeda
  • Tingkat apresiasi terhadap seni yang berbeda
  • Penggunaan sudut pandang 
  • Waktu, media dan jam tayang iklan
Kreatifitas sebagai modal dasar :
  • Setiap orang adalah kreatif 
  • Kreatifitas adalah bukan hal baru, namun inspirasi baru dari ide-ide lama.
  • Lahirnya kreatifitas bergantung pada: 
    • Bagaimana seseorang mendidik dirinya sendiri 
    • Persepsi seseorang terhadap dunia.
    • Kemampuan seseorang mencari pengalaman diri untuk menyusun gagasan.
  • Pentingnya kemampuan mengatur waktu.
  • Kemampuan memngingat dan mengkomunikasikan ide.
  • Biasakan segera menulis segala yang tengah berkecamuk dikepala dan hati.
  • Selalu ada waktu untuk membuat tulisan kreatif
Sifat-sifat yang mendukung karakteristik khusus orang kreatif :
  • Curious : dorongan perasaan untuk mencari tahu. 
  • Agent of change : sebagai agen perubahan. 
  • Open mind : bersikap terbuka. 
  • Question and answer : selalu ingin bertanya dan menjawab jika ada pertanyaan
Gaya dan Jenis kata copywriting

  • Eksploratif 
    • Mengulas dengan tajam hakikat produk dengan kata-kata yang akurat. 
    • Kata-kata yang digunakan tidak boleh barmakna ganda. 
  • Naratif 
    • Menguraikan produk dala bentuk cerita. Gaya bahasa dibuat semenarik mungkin. 
    • Pilihan katanya mengandung majinasi dan membuai dengan tetap mengedepankan kebenaran fakta. 
  • Argumentatif 
    • Naskah iklan bersifat mempengaruhi audience secara jelas dan nyata. 
    • Gaya dan jenis kata jelas menyerang kompetitor atau mengukuhkan kelebihan produknya sendiri agar target audience terpengaruh.
  • Retoris 
    • Mengungkap kebenaran sejujurnya tanpa mengharap jawaban atau komentar. 
    • Sejak awal diproyeksikan agar tidak ada bantahan terhadapnya. 
  • Normatif 
    • Menginformasikan secara mendetail tentang produk. 
    • Sejumlah data yang mneunjang disampaikan komunikatif dan menghindari news style meski hakikatnya memang informasi juga
Lalu bagaimanakah iklan yang baik itu?

Iklan yang baik adalah iklan yang:
  • Tidak membohongi masyarakat. 
  • Menggerakkan emosi positif. 
  • Meningkatkan keinginan masyarakat untuk mencoba produk. 
  • Tidak melanggar kode etik periklanan dan undang-undang perlindungan konsumen.

Metode Produksi Grafika

WORKSTATION

Ada dua platform yang dipakai dalam dunia desain & grafika.
1. PC (Personal Computer)
2. Macintosh

Komputer PC untuk keperluan desain, pada umumnya membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dari PC diluar kebutuhan desain. Beda dengan MAC, yang khusus diproduksi untuk kebutuhan desainer. Kemampuan teknologi yang terus berkembang, menyebabkan software desain makin lama makin canggih. Efeknya dibutuhkan spesifikasi komputer yang mampu mengimbangi kemampuan software tersebut. Dalam periode tertentu workstation yang dipakai harus di upgrade, dan itu membutuhkan biaya.

Ada beberapa software dalam grafis yang tidak saling competible antara PC dan MAC. Jika komputer banyak virus, harddisk penuh, manajemen file tidak rapih, hang, dapat menghambat dan memperlambat kinerja PC dan MAC. Jangan install terlalu banyak software pada workstation, gunakan yang perlu saja. Selain memperlambat kerja, juga dapat membuat crash / bentrok software satu dengan yang lainnya.

SOFTWARE

Pada umumnya software desain yang digunakan dalam industri grafika adalah :
1. PAGE LAY OUT : untuk menata letak halaman 
2. DESIGN / ILUSTRATION : untuk mengolah ilustrasi 
3. IMAGE EDITING : untuk mengolah gambar / foto

IMAGE FORMAT

Pengolahan digital image mempunyai 2 bentuk yang berbeda yaitu Bitmap dan Vektor.

Bitmap:
  • Menggunakan pixel dalam membentuk gambar
  • Input dari kamera digital, hasil scan
  • Resolution dependent
  • Format TIFF, JPEG, EPS

Ada beberapa format file yang disarankan untuk produksi cetak :
  1. TIFF : singkatan dari Tagged Image File Format, merupakan format file yang tidak terkompres untuk tetap memelihara kelengkapan data warna yang terekam. Format TIFF hanya berlaku ntuk data bitmap, dan menjadi format penyimpanan gambar scanner, kamera hi-end maupun photo CD profesional.
  2. EPS : Singkatan dari Encapsulated PostScript. Adalah format file yang digunakan untuk mengirim informasi gambar bitmap postcript dari satu program ke program lain. Format eps dapat diterapkan pada gambar bitmap dan vektor. 
  3. JPEG : Singkatan dari Joint Photography Expert Group. Merupakan format file terkompresi untuk mobilitas data yang tinggi dan praktis. Produksi surat kabar dapat menggunakan format jpeg maksimum agar detail tetap baik. 
  4. DCS : Desktop Color Separation. Format ini biasanya digunakan untuk mesin image setter (computer to plate). Kelebihan format ini dapat mempercepat kerja imagesetter dari pada format lainnya. 
  5. PDF : singkatan dari Portable Document Format. Format file yang digunakan setelah semua pekerjaan sudah dibuat dan siap untuk di output. Namun PDF untuk cetak berbeda dengan PDF keperluan lain. Kelebihan file ini adalah meskipun terkompresi namun hasilnya tetap baik. Baik untuk vektor maupun bitmap.
Vektor:
  • Memakai formula matematik untuk menghubungkan pint ( titik ) yang satu terhadap yang lainnya. Dan dinyatakan dalam garis. 
  • Biasa juga disebut graphics 
  • Contoh vektor : garis, shape, teks, drawing. 
  • Resolution independent 
  • Kualitas tergantung output
Untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik pada cetak, terkadang kita harus melakukan koreksi atas gambar yang kita pakai. Adapun langkah-langkah yang mungkin harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Highlight dan Shadow
  2. Color Cast : Istilah yang digunakan untuk menyatakan warna bias yang tidak diinginkan misal yellowish, reddish, bluish. Membuang cast dengan menggunakan fungsi curve, selective color atau color balance.
  3. Tone : Adalah nada yang dapat memberikan efek kontras secara proporsional dan menghindari gambar terlihat flat atau datar. Fungsi tone juga dapat memperbaiki gambar yang over-exposed dan under-exposed. Perbaikan bisa memakai fungsi ‘curve’ pada photoshop. 
  4. Selective Color : Koreksi warna sangat diperlukan setiap kali hendak mengedit gambar. Hal ini dikarenakan gambar itu sendiri yang kurang baik. Untuk memperbaiki dapat menggunakan menu selective color pada photoshop.
  5. Sharpness : Sharpness merupakan suatu fungsi yang sangat diperlukan dalam mengolah gambar untuk produksi cetak. Hal ini sangat membantu agar gambar terlihat kontras dan tajam saat dicetak 

Portfolio Desain

Portfolio merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang desainer, karen portfolio merupakan suatu media terbaik untuk menampilkan dan menunjukkan karya, kreatifitas, bakat dan kemampuan seorang desainer kepada setiap orang yang melihat dan membacanya.

Berikut ini adalah porfolio desain milik saya, semoga menarik dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua.












Cara memasukkan database ke idhostinger.com

Buat Anda yang mungkin sedang belajar membuat website berbasis database, dan mengalami kesulitan menampilkan database di website Anda, kali ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk mengatasinya. Dan disini saya menggunakan Dreamweaver untuk membuat web-nya, XAMPP 1.6.4 dengan MySQL-nya, dan idhostinger.com sebagai hosting servernya.

Baiklah, pertama kita masuk localhost untuk masuk database kita di MySQL. Buka database yang tabelnya ingin di-upload. Checklist tabel yang ingin Anda masukkan. Lalu klik dan masuk tab EXPORT.



Lalu muncul halaman seperti gambar di bawah. Untuk kali ini biarkan semua default, kecuali di bagian bawah halaman, ada menu "Save as File". Nah, check list "Save as File" itu.


Setelah dieksport, maka secara otomatis akan muncul menu Download, maka Anda pilih Save As dan simpan file (dimana pun/bebas). Sekarang Anda memiliki database Anda dalam bentuk '.sql'.

Sekarang Anda bisa tutup tab localhost-nya, lalu masuk ke akun idhostinger Anda. Masuk Kontrol Panel, kemudian Tool Penting - PHPmyAdmin. Jika Anda belum mempunyai database, maka Anda buat saja dengan nama user, password, dll bebas.

Setelah Anda memiliki sebuah database, sekarang anda bisa masuk PHPmyAdmin di idhostinger-nya. Masuk PHPmyAdmin, lalu klik tab IMPORT. Browse file database Anda yang '.sql' tadi. Jika sudah, klik GO.


Sekarang database Anda sudah berada di hosting server Anda (idhostinger). Tapi ini belum selesai, karena data connection Anda di Dreamweaver pun harus diubah terlebih dahulu.

Maka buka kembali laman akun idhostinger Anda.  Di tool penting masuk Database Mysql. Lalu akan muncul nama database yang tadi telah Anda buat seperti di gambar di bawah ini.


Jika sudah Anda boleh minimize dulu browser Anda, dan masuk Dreamweaver Anda. Kemudian buka file Anda yang memiliki Database di dalamnya. Buka tab Application yang ada di sebelah kanan, klik file koneksi database Anda. Klik kanan - Edit Connection. Lalu ganti data yang ada sebelumnya (localhost, dll) sesuai dengan nama yang Anda buat tadi di idhostinger.

MySQL server: yang tadinya 'localhost' diganti menjadi 'mysql.idhostinger.com'
username disamakan, copy paste saja dari idhostingernya.
password dimasukkan sesuai password yang Anda buat pada database di idhostinger tadi.
nama databasenya juga di copy paste saja. klik OK.


Kalau sudah, Anda tinggal mengupload folder Connection-nya saja (jika website sudah di-upload).
Nah, sekarang database Anda akan muncul di website Anda.


Selamat Datang

Selamat datang di blog saya.

Nama : Chandra Gunawan
NIM: 6110111016
Kelas : MM-BU-1

Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima Kasih.